Header Ads

  • Breaking News

    Menjadi Penguji Uji Sertifikasi Kompetensi di SMKS Islam Andalusia Kabupaten Bungo

    Pengabdian Kepada Masyarakat - Sekolah Menengah Kejuruan Swasta (SMKS) Islam Andalusia melaksanakan Ujian Sertifikasi Kompetensi (USK) Multimedia tahun 2021, Pelaksanaan USK berlangsung selama 3 hari dimulai pada hari Senin, (05/04) sampai dengan hari Rabu, (07/04).

    Pada hari pertama kegiatan dilakukan diskusi ringan antara pihak SMKS Islam Andalusia dengan berbagai pihak seperti Pengawas SMK Provinsi Jambi, pihak dunia kerja yang diwakili oleh Swarna TV, Buana TV dan LA Potografi.

    Pengawas SMK Provinsi Jambi, Abd. Thalib, S.Pd., M.T  menjelaskan bahwa,

    "Penting bagi pihak SMK untuk bersinergi langsung dengan dunia kerja, karena kurikulum yang digunakan bisa disesuaikan dengan kebutuhan dalam dunia kerja, jangan sampai pihak sekolah menggunakan kurikulum tapi tidak berlaku di dunia kerja" jelasnya

    Dalam pembahasan tersebut juga dikatakan bahwa USK adalah bentuk nyata dari kompetensi yang dimiliki oleh lulusan SMK, hal semacam inilah yang membedakan sekolah umum dengan SMK, dan ada satu hal lagi yang membedakan SMA dengan SMK dimana para siswa SMK melalui proses belajar di lapangan atau yang lebih dikenal dengan Praktek Kerja Lapangan (PKL).

    Melisa, S.Pd selaku Kepala SMKS Islam Andalusia mengatakan,

    "Alhamdulillah kita telah melaksanakan USK selama 3 hari ini, kami ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat baik dari para Guru Pembimbing ataupun Penguji USK ini, harapan kami anak-anak didik nantinya dapat menerapkan ilmunya setelah lulus dari sini dan menjadi manfaat bagi banyak orang" ujarnya.

    Pihak penguji dalam USK tahun ini terdiri dari dua tempat dunia usaha dan dunia kerja (eksternal) pada bidang multimedia yaitu dari Buana TV yang juga Dosen UIN STS Jambi diwakilkan oleh Sepriano, M.Kom dan LA Potografi diwakilkan oleh Haris Zet Suhendra, sementara penguji internal diwakilkan oleh Ketua Prodi Multimedia, Imron, S.Kom.

    Menurut salah satu penguji eksternal, Haris Zet Suhendra menyatakan,

    "Luar biasa, siswa-siswi disini memiliki ide-ide yang cemerlang untuk membuat sebuah karya film pendek, meskipun mereka "terkurung" di dalam pondok namun semangat mereka dan hasil yang ditunjukkan sangat bernilai positif, dan semoga mampu bersaing dengan dunia kerja serta menjadi manfaat bagi kehidupan masa depan mereka" jelas Haris

    Sementara itu Ketua Prodi Multimedia SMKS Islam Andalusia, Imron, S.Kom menjelaskan bahwa,

    "pada USK tahun ini kami memilih paket 3, dimana siswa diwajibkan membuat proyek dalam bentuk video pendek dengan tema dan petunjuk teknis yang telah ditentukan, dan alhamdulillah semua peserta didik dapat menyelesaikan USK tahun ini" ungkapnya.

    Pelaksanaan ujian berlangsung sukses dan lancar USK pun dilakukan dengan penuh semangat dari peserta didik dan berlangsung dengan menerapkan protokol kesehatan yang berlaku. (red)

    Tidak ada komentar

    Post Bottom Ad