Header Ads

  • Breaking News

    Cara Menginstall Bootstrap Online

    Pemrograman Web II - Jika anda telah melakukan ekstrak file, Kemudian selanjutnya Anda bisa memanggil Bootstrap secara online (menggunakan CDN). Hanya saja, ketika Anda memanggil secara online tentunya akan mengurangi tingkat kecepatan website.


    Perintah ini akan mengambil file Bootstrap dan menyalinnya ke dalam website supaya dapat digunakan oleh class atau fungsi lain.

    Silahkan download source code bootstrap di situs resminya getbootstrap.com yang disediakan oleh bootstrap secara gratis untuk diunduh oleh siapa saja.

    Kemudian, download jquery di jquery.com atau library google. Karena bootstrap tidak menyediakan jquery dalam paketan source code-nya. Jquery ini digunakan untuk menjalankan komponen-komponen bawaan bootstrap seperti modal dialog, navigation agar berjalan dengan normal.

    Lalu, pastikan kalian sudah punya code editor seperti notepad++, dreamweaver atau Sublime Text yang nanti akan kita gunakan untuk membuat template website dengan bootstrap.

    Agar lebih terasa bawa kita membuat website, kita akan menggunakan xampp dan file dengan extention php dalam membuat template website ini.

    Biasanya file Bootstrap akan dipanggil melalui link bootstrap tersebut agar lebih mudah dalam pengolahan datanya.


    Setelah anda melakukan ekstrak atau copy codingan tersebut, maka akan muncul tampilan seperti diatas. Teks dan kolom pada tampilan tersebut dapat anda ganti sesuai keinginan anda.

    Kesimpulan dan Penutup

    Bootstrap memang menjadi penolog bagi para developer. Bagaimana tidak, proses pengolahannya yang praktis dan cepat serta dapat membuat website lebih responsive. Sehingga tampilan website cenderung tidak kaku.

    Jika anda masih bingung bootsrtap itu apa, maka definisi dari bootstrap adalah sebuah front-end framework atau framework css yang sengaja dibangun untuk memudahkan pendesain web dalam membuat website atau membuat template website.

    Lalu, biasanya bootsrtap ini  bisa menjadi sebuah template website yang dibangun dengan bootstrap sudah responsif sehingga kita cukup membuat satu buah template lengkap saja dan sudah support atau kompatibel diberbagai browser sekaligus berbagai device baik untuk desktop, laptop, tablet maupun smartphone sekalipun. Selamat Mencoba!

    sumber: idcloud

    Tidak ada komentar

    Post Bottom Ad