Header Ads

  • Breaking News

    Application of Digital Village on Website-Based Correspondence Service in Desa Pulau Pekan Bungo Regency

    Penelitian - Dosen Prodi Sistem Informasi bersama Mahasiswa Prodi Sistem Informasi UIN STS Jambi lakukan penelitian terkait Surat Digital Berbasis Website di Desa Pulau Pekan Kabupaten Bungo Provinsi Jambi pada bulan Juni tahun 2022.

    Penelitian dilakukan oleh dua orang Dosen Prodi Sistem Informasi yaitu, Sepriano, M.Kom, dan Fatima Felawati, M.Kom serta satu orang Mahasiswa Semester III atas nama Melky Ardiyansa.

    Penelitian ini berkaitan dengan program SDGS UIN STS Jambi dengan mengambil tema Desa Digital dan pada kesempatan ini Dosen beserta Mahasiswa prodi sistem informasi UIN STS Jambi mengangkat judul penelitian "Application of Digital Village on Website-Based Correspondence Service in Desa Pulau Pekan Bungo Regency"

    Yang mana Penerapan desa digital merupakan transformasi digital yang dilakukan oleh desa di era revolusi industri 4.0, di Indonesia sendiri, beberapa desa telah menerapkan desa digital dengan berbagai upaya seperti desa di Kabupaten Bungo Provinsi Jambi yaitu Desa Pulau Pekan dimana pada umumnya memiliki kegiatan administrasi yang dilakukan oleh aparatur pemerintahan desa. 

    Kegiatan administrasi kemasyarakatan masih menggunakan Microsoft, dalam pencatatan data masyarakat dan surat menyurat, sehingga menjadi salah satu penyebab kurang optimalnya pengolahan data masyarakat di administrasi kemasyarakatan. Dengan cara ini petugas menjadi lamban dalam melayani kegiatan administrasi di masyarakat. Dengan cara ini petugas menjadi lamban dalam melayani kegiatan administrasi di masyarakat. 

    Untuk mengatasi semua hal tersebut diperlukan sebuah aplikasi yang mampu mengolah data masyarakat desa sehingga dapat lebih membantu aparatur administrasi di Kantor Desa Pulau Pekan. Aplikasi Desa Digital merupakan desa yang menggunakan sistem informasi dalam pelayanannya sudah berbasis Web yang dibangun dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP dan Framework Codeigniter dalam pengerjaannya serta menggunakan metode System Development Life Cycle (SDLC) dengan model waterfall.

    Kaprodi Sistem Informasi UIN STS Jambi Dr. Try Susanti, M.Si menyambut baik dan sangat mengapresiasi kegiatan penelitian yang dilakukan oleh Dosen dan Mahasiswa Prodi Sistem Informasi UIN STS Jambi

    "semoga apa yang telah dilakukan oleh Dosen dan Mahasiswa Prodi Sistem Informasi UIN STS Jambi menjadi bermanfaat khususnya pada implementasi desa digital yang menjadi goal bagi pemerintah sebagai bagian dari pemerataan informasi"

    Tidak ada komentar

    Post Bottom Ad