Header Ads

  • Breaking News

    Mengelola Sumber Daya Informasi

    Cerita Dosen Sepriano - Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang Pengelolaan Sumber Daya Informasi, yang terangkum dalam:

    1. Konsep pengelolaan sumber daya informasi, risk management, tindakan preventif.
    2. Penanggulangan dalam pemeliharaan sistem.

    Untuk sebuah organisasi informasi menjadi sumber daya yang sangat berharga, karena tanpa adanya informasi maka tidak akan ada peningkatan efektifitas, efisiensi, dan daya saing yang akan terjadi. Oleh karena itu informasi menjadi sumber daya yang sangat dibutuhkan dalam mengambil sebuah keputusan.

    Dalam sistem informasi juga ada yang namanya risk management atau yang biasa disebut manajemen resiko. Manajemen resiko merupakan proses mengidentifikasi, manganalisis, mengevaluasi, mengendalikan, serta berusaha menghindari, meminimalisir atau menghilangkan resiko yang tidak dapat diterima oleh sistem. 

    Ada beberapa komponen dalam manajemen resiko, yaitu :

    1. Lingkungan Internal
    2. Penentuan Sasaran
    3. Identifikasi Peristiwa
    4. Penilaian Risiko
    5. Tanggapan Risiko
    6. Aktivitas Pengendalian
    7. Informasi dan Komunikasii
    8. Pemantauan

    Tindakan preventif merupakan salah satu upaya pengendalian sosial, tindakan preventif ialah upaya pencegahan sebelum konflik sosial terjadi. Pada dasarnya pengendalian sosial merupakan upaya yang dilakukan untuk mencegah segala perbuatan yang menyimpang. Tindakan preventif yang digunakan dalam sistem informasi berguna sebagai pencegahan dari resiko-resiko yang tidak dinginkan dalam sebuah sistem. Misalnya tindakan preventif ini dilakukan untuk menyadarkan setiap pengguna sistem untuk mewaspadai adanya virus ataupun resiko lainnya yang berasal dari luar sistem.

    Pemeliharaan sistem merupakan pemeriksaan yang  dilakukan untuk menjaga sistem selama sistem tersebut digunakan. Ada beberapa prosedur dalam pemeliharaan sistem, yaitu :

    1. SDLC dan SWDLC
    2. Definisi data standar
    3. Bahasa pemrograman standar
    4. Rancangan moduler
    5. Model yang dapat digunakan kembali
    6. Dokumentasi standar
    7. Kontrol sentral

    Tidak ada komentar

    Post Bottom Ad